Lima Tips Memasang Lantai untuk Membuat Hunian Anda Terasa Lebih Luas

Jenis material lantai yang beredar di pasaran hingga kini sangat beragam, dari jenis lantai keramik putih konvensional berukuran 30×30 cm, lantai berbahan kayu, batu alam, sampai lantai marmer atau granit. Dari seluruh lantai-lantai yang hadir dalam berbagai ukuran dan harga ini, masing-masing jenis akan memberikan kesan unik yang berbeda-beda untuk hunian Anda. Misalnya saja penggunaan lantai material kayu akan membuat rumah Anda terkesan sejuk dan menyatu dengan alam.

Dari berbagai jenis keramik lantai dan kesan-kesan unik yang ditimbulkannya, beberapa ternyata dirasa dapat membuat hunian minimalis Anda memiliki kesan lebih luas dari yang sebenarnya. Selain materialnya, teknik memasang lantai juga dapat berperan penting dalam membuat ruangan  di rumah Anda terasa lebih luas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis keramik dan bagaimana teknik memasang lantai yang tepat, berikut akan diulas beberapa tips menarik untuk Anda terapkan di rumah Anda.

  • Gunakan jenis lantai bersifat reflektif atau memantulkan cahaya seperti granit dan marmer

Tips bermanfaat pertama yang dapat Anda aplikasikan pada aspek pelantaian di rumah Anda agar menimbulkan kesan lapang dan luas adalah dengan adalah dengan menggunakan material lantai dengan finish yang reflektif atau memantulkan cahaya. Seperti halnya cermin, segala material yang memiliki sifat reflektif terhadap cahaya akan sangat berguna untuk menciptakan ilusi optik ruangan yang lebih besar dari aslinya. Jenis material yang memiliki sifat reflektif ini adalah antara lain jenis lantai granit atau marmer. Selain akan membuat ruangan terasa lebih besar, lantai granit dan marmer juga dapat memberikan kesan mewah, bersih, dan eksklusi di rumah Anda.

  1. Jangan gunakan jenis lantai dengan terlalu banyak motif

Kesimpelan dan kesederhanaan adalah konsep yang sangat dianut oleh para minimalis. Begitu juga dengan memilih motif lanti. Hindari memilih lantai yang memiliki begitu penuh motif karena hal itu hanya akan membuat ruangan Anda terasa lebih penuh dan sempit. Pilih dan gunakan jenis lantai yang polos dengan warna-warna yang terang dan lembut seperti warna cream, atau peach. Hindari juga menggunakan lantai berwarna gelap, karena warna-warna gelap sudah terkenal dengan kecenderungannya membuat sesuatu tampak lebih kecil.

  1. Persempit jarak semen antarkeramik

Terkait teknik pengaplikasiannya, persempit jarak semen antarkeramik atau yang biasa disebut dengan istilah nat. Memang jika jarak antar keramik lebih besar, kebutuhan item lantai akan lebih berkurang, yang juga akan berdampak pada mengecilnya bujet yang harus Anda keluarkan untuk masalah pemasangan lantai. Mungkin hal inilah yang menyebabkan jarak antar satu lantai dengan lainnya di rumah kecil sederhana tampak lebih jauh. Sayangnya, pengaplikasian lantai seperti ini akan memberikan kesan sempit pada ruangan. Semakin sempit nat pada lantai rumah Anda, semakin luas ruangan Anda akan tampak terlihat.

  1. Gunakan pola diagonal

Poin keempat ini masih berhubungan dengan konsep jarak antarkeramik. Menyusun keramik secara diagonal dinilai dapat membuat ruangan semakin luas karena garis nat tidak tertuju pada satu poin, jadi kehadiran garis nat ini tidak akan terlalu jelas terlihat. Seperti yang telah diketahui di poin sebelumnya, semakin tipis garis nat berarti semakin besar ruangan akan tampil terlihat.

  1. Jangan biarkan permukaan lantai tertutup furnitur-furnitur berukuran terlalu besar.

Tips selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan meja, sofa, dan furnitur-furnitur yang berukuran terlalu besar sehingga semakin besar bidang lantai yang terlihat, semakin luas ruangan Anda akan nampak terlihat. Pilih furnitur bergaya polos dan minimalis, dan tidak disarankan menggunakan furnitur dengan detail yang terlalu rumit seperti detail gaya klasik. Dengan begitu, ruangan Anda akan tampak lebih lega.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan pada gaya pemasangan lantai di rumah Anda untuk membuat hunian terasa lebih lega. Hanya dengan sedikit modifikasi di aspek flooring, siapa sangka ruangan minimalis di kediaman Anda bisa terasa jauh lebih lapang?